Selasa, 05 Januari 2021

Tote Bag Blacu

Klik disini > Formulir Pemesanan 

Informasi lebih lanjut, Klik WhatsApp disini

Logo produk Comelystuff




Gambar diatas merupakan grafik selama 12 bulan terakhir. 
1. Penjualan pada 26 April - 2 Mei 2020 Mengalami penurunan pada penjualan dengan jumlah 19 Tote bag terjual. Hal itu disebabkan pada munculnya Corona Virus-19 yang dimana orang - orang tidak dapat keluar rumah dan terbatasnya akses jalanan.

2. Penjualan pada 5 Juli - 18 Juli 2020 terjadinya penjualan secara drastis. Yaitu dengan penjualan Tote bag >100 terjual. Dengan adanya Corona Virus-19 membuat banyak orang menjadi kreatif dengan berdagang menggunakan Social Media atau melalui aplikasi belanja seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

3. Penjualan pada 23 Agustus 2020 - 23 Januari 2021 terjadi ketidakstabilan penjualan Tote bag. Namun hal tersebut masih diwajarkan karena penjualan Tote bag pada bulan itu masih sekitar 50 - 70 Tote bag terjual dan belum adanya penurunan drastis.


Tote Bag

 Tote Bag

Threat (Tantangan)

1.      Banyak nya saingan Antara produk local dan produk luar negeri

2.      Larinya Investor Asing

3.      Suplier bahan baku mentah

4.      Persiangan lokasi usaha

5.      Mencari konsumen tetap


Oppoturnity (Peluang)

1.      Banyak peminat apalagi bisa digunakan unisex

2.      Laris dipasaran karena untuk mengurangi jumlah penggunaan kantoh plastic saat berbelanja

3.      Bahan nya yang ramah lingkungan dan mudah terurai

4.      Bentuknya sederhana, namun perlu adanya inovasi agar banyak yang menyukai

5.      Dapat di lipat menjadi kecil bisa dibawa kemana-mana


Weakness (Kelemahan)

1.      Susah terurai dibandingkan dengan plastik

2.      Susah mencari konsumen tetap

3.      Tidak bisa membawa barang terlalu berat

4.      Ketika barang melebihi kapasitas, maka akan membuat pundak sangat tidak nyaman dan merasa tertekan

5.      Kalau tidak dirawat dengan baik tas akan rusak

 

Strength (Kekuatan)

1.      Ramah lingkungan, karena menggunakan bahan kain 

2.      Bentuk nya simple dan mudah dibawa bepergian

3.      Unisex yang dimaksud adalah  tidak hanya wanita, pria pun bisa memakainya

4.      Sering digunakan saat berbelanja, karena ecofriendly  

5.      Bisa digunakan dan dicuci berulang kali

 

STP (segmentasi, targeting, positioning)


Segmentasi Pasar

1.      Berdasarkan Geografi

Lokasi bisa dimanfaat kan dirumah, karena berdagang melalui social media. Atau bisa juga membuka toko dipasar

2.      Berdasarkan Demografi

Tote bag ini menuju pada usia remaja hingga orang tua

3.      Berdasarkan Psikologis

Segmentasi psikologis menuju pada seseorang perempuan untuk kebutuhan sehari-hari

4.      Berdasarkan perilaku

Segmentasi perilaku ini biasanya orang membeli pada saat barang sudah tidak layak digunakan, dan biasanya seseorang membelinya setiap

Targeting

Target pasar kami merupakan kaum muda dan kaum dewasa  dengan berbagai inovasi desain dan yang senang dengan hal-hal yang baru dengan produk masih asing di telinga mereka inilah yang membuat keuntungan di pasar

 

Positioning

Kegunaan dari tote bag tersendiri merupakan nilai plus ditambah dengan desain yang menarik seperti tie dye, ataupun custom gambar doodle hand made. Kami juga akan membuat inovasi baru yaitu box packaging yang unik, diikat dengan tali pita, serta thank you card karna sudah mendukung small business kami.

 

PLC (Produk Life Cycle)

1.      Introduction (Perkenalan)

Pada tahapan ini adalah tahapan dimana seseorang baru memulai usaha nya dan bagaimana dia memasarkan produk nya agar dikenal dan diingat dengan pelanggannya, berikut ciri-ciri nya:

-          Diadakan promo besar-besaran yang akan menarik minat para pelanggan

-          Membuat social media agar dikenal dengan masyarakat

-          Jumlah produksi nya masih rendah

-          Tahap pencarian distributor, yang biasanya tidak mau jika belum terbukti berkualitas

-          Biaya untuk pembuatan nya masih mahal, karena belum adanya borongan.

2.      Growth (Perkembangan)

Pada tahapan growth atau perkembangan disini sudah mulai adanya pesaing dan orang-orang sudah mulai adanya ambil tiru modifikasi, berikut ciri-ciri tahapan nya:

-            Biaya per unitnya akan berangsur-angsur turun

-            Pasar yang semakin meluas (mudah menemukan dimana saja)

-            Omset penjualan yang terus naik

-            Semakin berkembang, tapi pesaing baru mulai bermunculan

-            Diproduksi dalam jumlah yang banyak

1.      Maturity (Kedewasaan)

Pada ditahapan ini adalah hal yang patut dipertanyakan kapan hal itu terjadi? Maka dari itu apa saja sih yang harus kita kembangkan agar produk yang kita jual diminati kembali oleh masyarakat, yaitu:

-            Buat inovasi baru dengan model dan desain yang menarik tidak hanya sablon, tetapi bisa juga menggunakan pewarna seperti wantex, custom dengan gambar doodle yang menarik

-            Dengan adanya pesaing disini kita harus menciptakan inovasi baru. sehingga konsumen juga tertarik lagi dengan produk yang kita jual

-            Packaging yang menarik, juga menjadi salah satu point sebagai bentuk terimakasih kita dan juga sebagai pendekatan terhadap konsumen

-            Produk yang kami jual tidak hanya barang langsung pakai, barang kali konsumen berminat untuk menghias nya sendiri akan jauh lebih meningkatkan kreatifitas para anak muda


0 komentar:

Posting Komentar